Pulau Mandeh Surga Tersembunyi Di Sumatera Barat

Pulau Mandeh Surga Tersembunyi Di Sumatera Barat

Pulau Mandeh Surga Tersembunyi Di Sumatera Barat

Ibu kota Sumatera barat adalah kota Padang.  Nama bandara nya ialah Minangkabau international airport. Ini satu satunya pintu masuk menuju Sumatera barat. Jika anda ingin mengunjungi dan mengexplore provinsi ini silahkan menggunakan Paket Wisata Padang yang di kemas dengan harga murah terjangkau oleh travel agen kesayangan anda. Atau hubungi horewisata.com di 0822 74 555 333

Sumatera Barat telah menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia, baik itu untuk liburan akhir pekan atau liburan panjang. Provinsi ini yang dikenal dengan Rumah Gadang (rumah adat) yang ikonik memiliki hampir semua yang dicari wisatawan, dari situs alam yang luar biasa hingga atraksi budaya yang unik. Dan sekarang, Sumatera Barat memberi satu lagi alasan bagi wisatawan untuk datang dan berkunjung dengan penemuan surga tersembunyi, Mandeh Sea Park.

Letak Pulau Mandeh Sumatera Barat

Terletak di kecamatan Koto XI Tarusan di Kabupaten Pesisir Selatan, Mandeh Sea Park membanggakan kehidupan laut yang luar biasa yang membuat seseorang tersesat. Pengunjung dapat memilih menyelam atau snorkeling untuk menemukan dunia air yang menakjubkan tepat di bawah permukaan laut. Karena keindahan kehidupan bawah lautnya, Mandeh Sea Park sering dianggap sebagai Kepulauan Raja Ampat di Sumatera, sebuah wilayah Papua yang dikenal di seluruh dunia karena pesona bawah lautnya yang luar biasa.

Pulau Mandeh Surga Tersembunyi Di Sumatera Barat

Ukuran Luas Pulau Mandeh

Mandeh Sea Park terletak lebih kurang 18.000 hektar lahan. Kata “mandeh” berasal dari nama sebuah desa di wilayah tersebut. Daerah ini terdiri dari pulau-pulau eksotis, di antara yang terkenal adalah Cubadak, Sirandah, Cingkuak, Pagang, Pulau Pasumpahan dan banyak lagi. Banyak dari pulau-pulau kecil ini masih belum tersentuh, dan di situlah letak keindahan Taman Laut Mandeh. Mengunjungi daerah ini tidak lengkap tanpa pergi ke pulau untuk memastikan, dan menginap satu malam tentu saja tidak cukup. Menginap setidaknya beberapa malam di area ini – ambillah dari saya, Anda tidak akan menyesal selama sisa hidup Anda.

Sekitar 70 hektar Taman Laut Mandeh adalah rumah bagi terumbu karang dan berbagai spesies biota laut. Daerah ini juga terawat dengan baik sehingga berbagai spesies laut dapat hidup bebas dan tidak terganggu oleh kontak manusia. Itu juga mengapa itu telah menjadi surga bagi para penyelam. Selain dari terumbu karangnya, Mandeh Sea Park juga dikenal karena kapal karamnya, yang terletak di teluk Mandeh pada kedalaman 20 hingga 25 meter. Baru-baru ini tim penjelajah kapal karam yang ditugaskan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan membuat video tentang penyelam dalam tur berpemandu di sekitar kapal karam. Kapal karam itu diyakini adalah MV Boelongan, sebuah kapal kargo Belanda, yang dibom oleh tentara Jepang pada tahun 1942.

Pulau Mandeh Surga Tersembunyi Di Sumatera Barat

Sementara itu, non-penyelam bisa pergi snorkeling untuk menemukan keindahan bawah laut. Ada banyak titik panas untuk snorkeling di taman laut ini. Beberapa pulau dikelilingi oleh air begitu jernih sehingga penyelam dan perenang snorkel dapat melihat banyak organisme laut yang luar biasa jelas dari permukaan atau beberapa meter ke bawah. Setelah selesai dengan menyelam atau snorkeling, pengunjung dapat bersantai di pantai berpasir putih dan menikmati udara segar. Keindahan daerah Mandeh yang indah juga dapat membuat seseorang langsung melupakan dunia.

Mandeh Sea Park juga merupakan surga bagi penggemar fotografi, dan oleh karena itu, kamera sangat penting untuk dibawa saat mengunjungi daerah tersebut. Kehidupan bawah laut yang indah dan pemandangan yang luar biasa membuat Mandeh Sea Park tempat yang sempurna untuk berburu foto.

Daerah ini memiliki potensi besar sebagai tujuan wisata, dan itulah mengapa pemerintah daerah terus melakukan perbaikan. Mereka bertujuan menjadikan Mandeh bukan hanya sebagai tempat wisata, tetapi juga taman laut nasional dengan kawasan konservasi dan laboratorium kelautan.

Orang-orang yang bekerja di sektor pariwisata di sekitar area tersebut memberdayakan penduduk setempat melalui industri pariwisata dan perjalanan. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah berhasil mempromosikan Mandeh dalam skala nasional. Sejumlah orang yang fokus pada ekowisata ditunjuk untuk membantu mengelola bisnis perjalanan di daerah tersebut, dari industri kuliner hingga seni dan keahlian, serta pemandu wisata dan kapal dan homestay.

Untuk meningkatkan bisnis kuliner, misalnya, sejumlah koki berpengalaman di Padang, ibu kota Sumatera Barat, telah datang ke Mandeh untuk berbagi ide memasak mereka. Di bawah bimbingan mereka, para juru masak di Mandeh menciptakan rendang , makanan tradisional Sumatera Barat yang biasanya dibuat dengan daging sapi, tetapi di Mandeh menggunakan gurita, otot, udang dan makanan laut lainnya yang mudah ditemukan di perairan setempat. Pemandu wisata juga menerima pelatihan dan mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya di Sumatera Barat pada tur studi. Penduduk setempat juga didorong untuk membangun homestay – selama kunjungan saya, sudah ada dua homestay di daerah tersebut, dan lima lagi sedang dipersiapkan.

Bahkan generasi muda juga menerima pendidikan untuk membantu meningkatkan sektor pariwisata di Mandeh. Anak-anak Sungai Nyalo dan Nagari Mandeh belajar bahasa Inggris sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan pengunjung asing. Bisnis di Mandeh juga akan disertifikasi untuk kendali mutu. Semua upaya ini bertujuan untuk membangun pariwisata berkelanjutan di Mandeh.

Cara Menuju Ke Pulau Mandeh Nan Indah

Jika anda dari Jakarta silahkan ambil pesawat menuju Kota padang yaitu Minagkabau international airport. Penerbangan harian dari Jakarta ke Padang tersedia dengan Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air dan Lion Air. Mobil tersedia untuk disewakan seharga Rp. 600.000/ hari termasuk sopir dan bahan bakar untuk perjalanan sehari. Anda dapat memesan mobil dan sopir sebelum tiba di Padang untuk jemputan di bandara.

Selamat berlibur ya kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *